Rabu, 10 November 2010

8 Khasiat dan Kegunaan Madu

madu berkhasiat
Sejak dulu, madu sudah dikenal sebagai makanan yang sangat berkhasiat. Terutama sebagai penyembuhan. Tapi tahukah anda apa saja kegunaan madu yang lain selain untuk kesehatan? Berikut ini adalah 8 keunggulan madu seperti dilansir oleh Methods of Healing:

1. Pemanis pengganti gula
Rasanya yang manis dengan kandungan 69 persen glukosa dan fruktosa dapat digunakan sebagai pengganti gula.

2. Mengikis lemak
Setiap sendok teh madu memang mengandung lebih banyak kalori dibandingkan gula. Madu mengandung sekitar 64 kalori, sedangkan gula 50 kalori. Tetapi, madu memiliki keunggulan untuk meluruhkan lemak tubuh saat dicampur dengan air hangat atau lemon.

3. Mudah dicerna
Madu mudah dikonversi menjadi glukosa dalam tubuh dan mudah dicerna.

4. Sumber vitamin dan mineral
Ada banyak jenis madu di pasaran. Sebelum membeli, sebaiknya periksa dahulu kandungan gizi sesuai kebutuhan Anda. Usahakan memilih madu organik.

5. Antioksidan
Kandungan nutraceuticals di dalam madu membantu menangkal radikal bebas dari tubuh. Ini penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan energi
Madu mengandung karbohidrat sehingga berperan membantu memulihkan energi yang hilang. Itulah mengapa ketika sedang lemas lantaran sakit, banyak yang menyarankan konsumsi madu.

7. Memperbaiki kerja otot
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa madu berperan efektif mengontrol kadar gula darah selama aktivitas.

8. Melegakan tenggorokan
Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu memperbaiki sistem pencernaan. Cukup efektif mengurangi sakit tenggorokan dan gangguan pencernaan di pagi hari. Tambahkan beberapa satu sendok makan madu ke dalam jus jahe, dan konsumsi dua kali sehari untuk mengobati sakit tenggorokan.

Puisi cinta dan Gaya hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar