Kamis, 28 Januari 2010

7 Tips Mengatasi Sifat Pelupa

Tips mengatasi sifat pelupa atau cara mengatasi sifat pelupa.
LUPA LAGI TUUUUUUUUUUCH……………
SUDAHHH LUPA TUCH>>>>>>>>

1. Buat Rencana
Namanya juga orang pelupa jadi mesti, kudu wajib, dan wajib anget malah untuk mempunyai daftar untuk menulis semua rencana-rencan kita, termasuk hal-hal yang kecil sekalipun, klo perlu bikin juga check listnya. Misalnya saja,lupa untuk mengunci pintu kamar atau daftar barang belanja yang akan kita beli. Coret setiap hal yang telah kita lakukan. Lama-lama kita juga akan terbiasa bikin perencanaan dan nggak cepat lupa lagi, dan hidup kita akan menjadi lebih terorganisir (mudah-mudahan………………).



2. Mulai Lebih Rapi
Kacamata ketinggalan di kamar mandi, sikat gigi tertinggal di rumah saudara saat menginap semalam. Nggak pernah dech, kita nggak ninggalin barang sembarangan. Makanya tempatkan dech barang-barang pribadi kita di satu tempat sehingga kita mudah mengecaknya jika nggak asa. Sebaliknya, jangan mencampur semua barang-barang menjadi satu, tampatkan sesuai jenisnya.

3. Jangan panik
Sering banget nggak sih, saat kita lupa menaruh sesuatu langsung jadi panic dan menjadi kesel? Tahu nggak, sikap panic malah akan membuat kita tambah lupa. Konyol kan? Kalau tahunya yang kita lupa malah ada di tangan atau di depan mata kita ? jadi, tarik napas dalam-dalam dan tenangkan dari dulu. Di saat santai kita bakal lebih mudah mengingat (biasanya sih).

4. Simpan Barang Pada Tempatnya
Coba ingat-ingat dech, berapa kali kita lupa meletakkan buku, gunting, pulpen, atau notes? Nah, mulai sekarang biasakan untuk disiplin mengembalikan barang-barang yang habis kita gunakan ketempatnya semula jika sudah selesai kita gunakan. Dan barang-barang milik kita yang dipinjam, mintalah pada siapapun yang meminjam buat mengembalikkannya di tempat semula.

5. Diulang
Seringlah mengulang-ulang apa yang hendak diingat atau dihafal. Langkah ini membantu memudahkan ingatan dalam memperlihatkan hal-hal yang penting. Misalnya nih, ulangi di dalam hati kalau hari ini kita harus menelpon klien penting. Atau ya……., itu tadi balik ke poin pertama, he he he…….

6. Minta Tolong Teman
Masih nggak bias menghilangkan kebiasaan pelupa kita…? Minta dech teman untuk membantumu. Katakana pada mereka untuk mengingatkan kita jika bermaksud mengerjakan sesuatu hari ini. Jika teman kita keberatan, gunakan fasilitas reminder di ponsel ajaa…ch.

7. Jangan Ditunda
semua poin diatas akan membantu untuk mengatasi sifat pelupa kita kalau kita segera melakukannya. Menunda-nunda tuch, malah akan bikin kita menjadi “menabung” lupa vesi baru. Jadi, lakukan apa yang ingin kita lakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar